Sewa Genset Harian


Mesin genset merupakan sebuah alat pembangkit listrik cadangan yang menggunakan prinsip kerja energi kinetik atau gerak. Terdiri dari kumparan yang terbuat dari tembaga yang terbagi menjadi strator (kumparan statis) dan rotor (kumparan dinamis). Bahan bakar dari sebuag mesin genset adalah bensin atau solar.

Mesin genset banyak kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Misalnya pada acara-acara outdoor yang memungkinkan untuk menggunakan sumber listrik, bangunan-bangunan kantor, sumah sakit, dan instansi-instansi lainnya. Karena kebutuhan listrik hampir tidak bisa terpisahkan pada kehidupan manusia sehari-hari. 

Karena semakin banyaknya genset yang diperlukan oleh hampir seluruh bangunan, maka informasi-informasi seputar harga jual, tempat jual, hingga harga sewa pun banyak dicari. Harga jual genset sendiri cukup bervariasi, tergantung dari besar kecilnya daya, merek dan tipe. 

Prinsip Kerja Genset

Genset akan mulai beroperasi  dalam jangka waktu 10 detik sejak listrik padam, lalu pada waktu 10 detik berikutnya tenaga listrik dikumpulkan ke mesin genset guna menyalakan aliran listrik kembali.


Tips Memilih Sewa Genset

Karena harganya yang cenderung tingg, baik sewa maupun beli, ada baiknya sebelum Anda memilih sewa genset untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menyewa genset. Berikut beberapa tips memilih sewa genset yang dapat Anda perhatikan :

1. Perhatikan kebutuhan Listrik

Sebelum memilih genset, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek ulang kebutuhan listrik harian Anda di rumah atau di lokasi yang akan pasang genset. Perlu Anda hitung berapa watt dan KWh kebutuhan daya listrik yang ada di rumah Anda sehingga genset yang akan sewa dapat Anda pilih dengan output daya yang lebih besar dari keseluruhan daya listrik konsumsi harian yang Anda gunakan dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan listrik tersesbut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Memilih Bahan Bakar Genset

Sama seperti mesin-mesin pada umumnya, genset juga memerlukan asupan bahan bakar agar tetap dapat beroperasi. Sebelum Anda memilih, perhatikan apa bahan bakar genset yang sekiranya mudah ditemukan dan dijangkau oleh Anda dan daerah Anda. Beberapa genset ada yang berbahan bakar solar (biasanya genset diesel), bensin campur (mixed gasoline), dan ada pula yang berbahan bakar bensin. Semua tergantung jenis dan tipe  gensetnya. 

3. Cara Pengoperasian Genset

Jangan sampai ketika sudah menyewa, Anda tidak tahu bagaimana cara pengoperasian gensetnya. Pastikan Anda tahu dan mengerti bagaimana mesin genset yang Anda sewa tersebut bisa menyala. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pemilik sewa genset yang telah Anda sewa.  

4. Pilih Genset Soundproof / Silent  Genset

Kebnayakan suara ketika genset operasi memang cukup mengganggu, sangat keras bahkan bisa mengganggu lingkungan sekitar. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang telah banyak tersedia genset-genset yang memiliki suara lebih lembut dan tidak begitu keras. Biasanya tipe genset ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan harga jual dan sewa lebih mahal daripada genset biasa (genset open).

5. Tentukan Merek genset

Sebelum menentukan genset, pastikan Anda konsultasikan dan meminta rekomendasi dari pemilik penyewaan genset. Anda bisa mulai menanyakan keunggulan, kekurangan, spesifikasi, dan tanyakan pula harga sewa genset tersebut. 

Sewa Genset Daerah Surabaya


Karena harganya yang cukup mahal, bagi Anda yang membuthkan genset dalam jangka pemakaian tidak permanen direkomendasikan untuk menyewa saja. Harga sewa genset pun bervariasi tergantung tipe dan jangka waktu penyewaan.  Biasanya beberapa harga sewa genset daerah Semarang mulai dari Rp 1.650.000,00 per 8 jam untuk tipe 50 KVA, lalu Rp 1.900.000,00 per 8 jam  untuk 90 KVA dan Rp 2.200.000,00 per 8 jam untuk tipe 130 KVA. 


No comments:

Post a Comment

ORDER VIA WHATSAPP