Sewa Molen dan Alat Berat Untuk Kebutuhan Konstruksi


Pembangunan infrastruktur makin digalakkan dewasa ini, baik oleh sektor swasta maupun pemerintah. Pengerjaan infrastruktur tentunya tak bisa dipisahkan dari alat-alat berat yang membantu proses pembangunannya. Ada banyak alat berat yang digunakan dan semuanya didapat dari penyewaan khusus alat-alat berat.

Sewa alat berat termasuk sewa molen terutama akan memberi kemudahan dalam pembangunan infrastruktur. Adanya alat berat yang mendukung kebutuhan akan dapat memastikan tiap proyek berjalan sesuai rencana. Berikut adalah beberapa alat berat yang umum disewakan dalam proyek konstruksi bangunan.

Ragam Alat Berat Untuk Konstruksi Bangunan


1. Jack Hammer

Pertama ada Jack Hammer, sebuah alat yang tergolong dalam jenis elektromekanikal atau pneumatik dengan gabungan antara pahat serta palu langsung. Cara kerja mesinnya serupa palu serta pahat dengan menggunakan metode rotary percussion drill. Saat digunakan, mata bor internal nantinya akan didorong menuju dua arah.

2. Stamper

Stamper seringkali disebut tamping rammer yang digunakan dalam memadatkan tanah. Mesin ini terutama akan berguna ketika diperlukan pemadatan tanah timbun. Tanah asli kohesif juga bisa dipadatkan menggunakan stamper, sehingga tidak kalah berguna dibanding sewa molen.

Mesin ini umumnya akan digunakan dalam rangkaian proses pemadatan tanah dalam pembangunan gedung, halaman, jalan, serta timbunan lainnya. Bahan bakar yang dipakai untuk mesin ini ialah bensin.


3. Molen

Mesin satu ini memiliki bentuk seperti makanan molen. Mungkin, dari situlah alat berat molen mendapat namanya. Molen sendiri ialah mesin aduk beton dan merupakan salah satu peralatan paling umum dalam konstruksi bangunan. Molen akan digunakan pekerja dalam membantu proses pengadukan semen agar bisa menghemat waktu dan tenaga.

Sewa molen Bandung terutama akan dilakukan untuk konstruksi bangunan besar di mana diperlukan banyak adonan semen. Akan butuh waktu dan tenaga besar jika pengadukan semen dilakukan dengan tenaga manusia. Oleh karena itu, digunakanlah molen agar lebih efisien.

4. Trowel

Trowel atau disebut pula concrete trowel machine ialah alat yang digunakan dalam meratakan serta menghaluskan permukaan beton yang tengah dalam proses untuk mengeras. Mesin trowel terutama memiliki dasar dari beberapa pelat baja yang bisa berputar serta bekerja dalam menghaluskan permukaan beton.

Permukaan beton yang telah dihaluskan menggunakan trowel akan memiliki hasil yang lebih kuat serta awet dibandingkan apabila dihaluskan menggunakan tangan. Mesin ini turut digunakan untuk mengamplas, meratakan serta menghaluskan permukaan lantai adhesit.

5. Beton Cuter

Selain sewa molen, ada lagi beton cutter atau concrete cutter yang biasa disewa. Mesin konstruksi ini umumnya digunakan dalam memotong aspal, keramik maupun beton cor yang kapasitas kedalamannya ditentukan oleh pisau beton. Ada beberapa tipe beton cutter tergantung ukuran pisaunya, mulai dari 10 inchi hingga 20 inchi.

6. Vibrator

Beton vibrator termasuk alat yang turut digunakan dalam pengecoran. Alat ini terutama berfungsi dalam memadatkan adonan beton yang hendak dimasukkan dalam bekisting. Tujuannya ialah supaya angin ataupun udara dalam adonan bisa keluar sehingga tidak akan ada lubang atau rongga yang terbentuk.

Itulah beberapa alat berat yang biasa disewa untuk pekerjaan konstruksi, mulai dari sewa molen, vibrator, beton cutter dan lain-lain. Pekerjaan konstruksi bangunan umunnya akan membutuhkan lebih dari satu alat sehingga penting dalam memahami alat apa saja yang berguna dalam proses konstruksi.

Kita bisa mendapatkan beragam alat berat untuk disewa tersebut di tempat penyewaan khusus alat-alat berat atau kontraktor.

No comments:

Post a Comment

ORDER VIA WHATSAPP